Cara Membuat Sub Domain di Blogger

zaidankomputer.com

Hai teman-teman! Selamat datang di dunia menarik dari subdomain di Blogger! Siapa yang bilang dunia blogging itu sulit dan rumit? Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat subdomain di Blogger dengan cara yang santai dan menyenangkan.

Pasti penasaran, kan, gimana caranya? Tenang aja, kita bakal jelasin langkah-langkahnya dengan detail biar kamu bisa langsung mencobanya sendiri. Dan yang terbaiknya, kamu bisa Membuat Sub Domain tanpa perlu keluarin biaya!

Dengan subdomain, kamu bisa atur konten blogmu dengan lebih terorganisir. Bikin blog tentang masak? Cek! Blog tentang traveling? Cek juga! Semuanya bisa kamu atur dengan subdomain yang keren dan unik.

Jadi, udah siap buat berpetualang di dunia blogging dengan Membuat Sub Domain yang keren? Jangan khawatir, kita bakal pandu langkah demi langkah. Percayalah, setelah baca artikel ini, kamu bakal lebih percaya diri dalam mengelola blogmu dengan subdomain yang menarik.

Ayo, simak artikel selengkapnya dan temukan cara seru membuat subdomain di Blogger! Siapa tahu, ini bisa jadi langkah awal menuju kesuksesan blogmu yang lebih besar! Selamat membaca dan selamat mencoba!

Cara Membuat Sub Domain di Blogger
Cara Membuat Sub Domain di Blogger

Mengenal Sub domain

Hei, apa kabar? Sudah siap untuk belajar sesuatu yang baru hari ini? Kali ini kita akan bahas tentang “Subdomain”. Istilah ini mungkin terdengar asing, tapi percaya deh, setelah baca artikel ini, kamu bakal jadi lebih paham. Yuk, kita mulai!

Subdomain itu apa sih?

Nah, bayangkan saja domain itu kayak rumahmu, dan subdomain itu kayak kamar-kamarnya. Jadi, kalo domain itu “rumahku.com”, subdomain bisa jadi “kamar.rumahku.com” atau “dapur.rumahku.com”. Seru, kan?

Nah, ada beberapa hal yang penting kamu tau tentang subdomain:

Definisi Subdomain

Jadi, kayak yang udah dijelasin tadi, subdomain itu sebagian dari domain utama. Kamu bisa pake buat atur dan pisahin konten di situs webmu.

Misalnya, kalo kamu punya blog tentang masak dan juga traveling di satu domain, kamu bisa bikin subdomain “masak.domainku.com” dan “travel.domainku.com”. Biar pembaca lebih gampang nyari konten yang mereka mau.

Fungsi Subdomain

Fungsinya utama subdomain itu buat bantu atur situs web. Tapi, bukan berarti cuma buat bagusin penampilan aja.

Dengan subdomain, kamu bisa targetin audiens tertentu, pisahin konten yang beda, atau bahkan bikin blog pribadi di situs perusahaan.

Cara Membuat Sub domain

Bikin subdomain sebenernya gampang, tergantung dari platform hosting yang kamu pake. Biasanya, kamu cuma perlu masuk ke cPanel atau kontrol panel lainnya, trus cari menu Subdomains.

Di situ, kamu bisa masukin nama subdomain yang mau kamu bikin dan voila! Subdomainmu udah siap.

SEO dan Subdomain Salah satu pertanyaan yang sering muncul: subdomain itu berpengaruh gak buat SEO? Jawabannya bisa ya atau enggak.

Jika konten di subdomain sangat berhubungan dengan domain utamanya, maka Google bakal lihat keduanya sebagai satu kesatuan. Tapi, kalau kontennya jauh beda, Google bisa anggap itu kayak situs yang beda.

Jadi, gitu deh subdomain! Semoga penjelasan ini bisa bantu kamu lebih paham ya. Sekarang, kamu udah siap buat nyoba bikin subdomain sendiri? Semoga sukses!

Langkah-langkah Membuat Sub domain di Blogger

Hei! Udah siap dengan secangkir kopi hangat buat petualangan baru di dunia blogging? Kita bakal bahas cara bikin subdomain di Blogger.

Tenang aja, kita bakal jelaskan dengan detail dan pastinya dengan gaya yang santai dan asik. Mari kita mulai!

1. Daftar ke Blogger

Pertama, kamu harus daftar ke Blogger. Santai aja, prosesnya gratis dan gampang. Kamu cuma perlu punya akun Google. Kalo belom punya, bikin dulu ya!

Trus, buka website Blogger dan klik ‘Masuk’. Isi detail akun Google kamu dan voilà… selamat datang di Blogger!

2. Membuat Blog Baru

Setelah masuk, klik ‘Buat Blog Baru’. Nanti bakal muncul halaman baru dengan formulir buat diisi.

Pilih Nama Blog dan Alamat URL

Ini seru! Kamu harus pilih nama blog dan alamat URL. Nama blog itu kayak identitas kamu, jadi pilih yang pas. Buat alamat URL, pilih yang masih ada aja. Tapi inget, ini cuma URL sementara. Nanti kita ganti jadi subdomain yang keren.

Setelah masukin detailnya, klik ‘Buat Blog’. Dan voilà! Kamu baru aja bikin blog baru di Blogger. Gampang kan?

Tunggu dulu, perjalanan kita belum selesai. Kita masih harus bikin subdomain. Lanjut ke langkah berikutnya!

3. Atur Subdomain

Sekarang, kita pindah ke langkah selanjutnya: atur subdomain buat blog baru kita. Santai aja, ini gak lebih sulit dari yang udah kita lakuin. Yuk, mulai!

Pergi ke Setelan

Pertama, masuk ke halaman setelan. Di situ, ada banyak opsi buat modifikasi blogmu. Tapi, sekarang kita fokus ke alamat blog.

Ubah Alamat Blog

Cari bagian ‘Alamat Blog’ di setelan. Di situ, kamu bakal lihat URL sementara blogmu. Nah, sekarang waktunya ganti jadi subdomain yang keren.

Klik ‘Ubah’ di sebelah alamat blog. Di situ, masukin subdomain yang kamu mau. Misalnya, kalo kamu mau bikin subdomain “travel” buat domain “myblog.com”, masukin “travel.myblog.com”.

Ingat, subdomain ini harus unik dan belum dipake orang lain. Jadi, coba beberapa kombinasi sampe kamu dapet yang pas dan masih tersedia.

Kalo udah masukin subdomain yang kamu mau, klik ‘Simpan’. Kalo semua lancar, kamu bakal lihat alamat blogmu udah berubah jadi subdomain yang baru aja kamu bikin.

Tapi tunggu, kita masih belom selesai. Setelah ini, kamu harus verifikasi subdomain baru kamu di Google Webmaster Tools dan atur pengalihannya. Tenang aja, bakal kita bahas di bagian selanjutnya.

4. Mengatur DNS di Registrar Domain

Oke, sekarang kita udah selesai sama pengaturan di Blogger. Sekarang waktunya main-main dengan pengaturan di registrar domain kamu. Santai aja, gampang kok. Ikutin aja langkah-langkah berikut:

Masuk ke Panel Kontrol Domain Pertama, masuk ke akun registrar domain kamu. Bisa GoDaddy, Namecheap, atau layanan lainnya. Setelah masuk, cari domain yang mau kamu tambahin subdomain. Klik domain itu dan kamu bakal masuk ke panel kontrol domain.

Tambahkan Record CNAME Di panel kontrol domain, cari bagian yang nyebutin DNS atau Domain Name System. Di sini, kita bakal tambahin record baru.

Pilih ‘Tambah Record’ terus pilih jenis record ‘CNAME’. Di kolom ‘Host’, masukin subdomain yang kamu mau.

Terus di kolom ‘Points to’ atau ‘Mengarah ke’, masukin alamat blog Blogger kamu. Pastiin semua kolom diisi bener.

Kalo udah masukin informasi dengan bener, klik ‘Simpan’ atau ‘Tambahkan Record’. Nah, sekarang kamu udah berhasil tambahin record CNAME buat subdomain kamu.

Proses ini bisa lama, beberapa jam sampe 24 jam buat propagasi DNS. Jadi, kalo subdomain kamu belum langsung jalan, santai aja. Kasih waktu dan cek lagi nanti.

Jadi, ayo mulai petualanganmu di dunia blogging dengan subdomain yang menarik dan inovatif. Dapatkan pengalaman berbeda dan tingkatkan eksposur blogmu. Sukses selalu untuk perjalananmu dalam menulis dan mengelola blog! Semangat!