Cara Jitu Menghilangkan Virus di Windows 10

Cara menghilangkan virus di windows 10 tidaklah mudah. Karena ada banyak jenis virus komputer, Anda perlu tindakan yang tepat dan cepat agar kerusakan tak menyebar luas.
Cara Jitu Menghilangkan Virus di Windows 10

 Jika ada satu aspek negatif pada sistem operasi Windows yang mungkin membuat para penggunanya frustasi adalah sejarahnya yang terkenal sebagai salah satu platform yang paling banyak diserang oleh Virus. Terlepas dari perubahan arsitektur operating system besutan Microsift ini, virus masih terus ada, bahkan beberapa program jahat ini telah digantikan dengan jenis serangan yang bahkan lebih parah, yang meliputi: ransomware, spionase, serangan botnet / CnC, worm.

Windows 10, OS yang akan menjadi andalan Microsoft ini terus direkayasa ulang untuk menanggulangi serangan dari generasi virus yang baru ini. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan apa yang harus kamu lakukan jika PC kamu terinfeksi virus.

Cara menghilangkan virus di windows 10 tanpa Aplikasi

  • Virus kadang-kadang bisa mengambil langkah yang jahil ketimbang merusak. Misalnya, ada beberapa virus yang mungkin menyembunyikan file atau mengubahnya menjadi shortcuts. Ini tidak berarti file kamu telah hilang, bisa jadi file ini telah diubah menjadi sesuatu yang biasanya tidak bisa kamu lihat langsung. Langkah pertama pada tahap ini adalah untuk tetap tenang dan jangan panik.
  • Apa pun yang sedang kamu lakukan dengan komputer, segera hentikan. Ini berarti aktivitas apa pun yang kamu lakukan perlu diakhiri untuk sementara sampai virus ini berhasil dihapus. Aksi ini juga akan mengurangi infeksi lebih lanjut ke dalam sistem PC. Jika kamu memiliki penyimpanan yang dapat dilepas yang terpasang ke sistem, seperti USB drive atau hard disk eksternal, segera remove safely karena mereka juga dapat terinfeksi.
  • Untuk langkah selanjutnya kamu harus mengaktifkan opsi untuk memperlihatkan hidden file dan folder karena beberapa virus akan sulit untuk dihapus dan dapat dengan sengaja melampirkan diri mereka ke file yang tersembunyi. Jadi, bahkan jika kamu dapat melakukan pemindaian sistem secara penuh, virus akan dapat kembali menginfeksi file kamu. Buka File Explorer, pilih tab View lalu centang kotak Hidden item.
    hidden files
  • Jika kamu ingin mendapatkan kembali akses ke file yang telah ter-hidden akibat virus. Buka Command Prompt, lalu telusuri ke lokasi di mana file tersebut disimpan. Ketik perintah berikut untuk mengembalikan file kamu ke lokasi aslinya: attrib *. * -H -s / s / d lalu tekan Enter pada keyboard.
    Cara Jitu Menghilangkan Virus di Windows 10
  • Jika kamu dapat melihat file yang kamu anggap sebagai biang dari virus tersebut, maka langsung delete file ini dari PC kamu.

Pengecekan Virus via Task Manager

  •  Tekan tombol CTRL, ALT dan DEL secara bersamaan atau CTRL, Shift, ESC yang akan membuka Windows Task Manager. Setelah Task Manager diluncurkan, klik pada tab Processes. Lihat setiap proses yang merupakan program yang saat ini memproses informasi di komputer kamu. Jika kamu melihat sesuatu yang tampak asing, cari nama file tersebut di web dan lihat apakah file itu terhubung dengan virus. Jika kamu yakin file tertentu telah rusak, klik tombol End Process untuk file ini.
  • Buka utilitas Konfigurasi Sistem dan klik tab Startup. Windows ini akan mencantumkan semua program yang secara otomatis dijalankan setelah komputer boot. Sebagian besar virus akan diluncurkan sendiri setiap kali kamu menghidupkan komputer, jadi sekali lagi, cari program aneh atau tidak dikenal dalam daftar ini. Jika kamu melihat sebuah program dengan kriteria yang menunjukkan potensi sebagai sebuah virus, hapuslah aplikasi tersebut dari daftar ini.

     

Gunakan Restore Point dan Safe Mode

Jika kamu telah mengaktifkan opsi Restore Point di Windows 10, maka kamu bisa menggunakna opsi ini ketika PC kamu menderita masalah yang diakibatkan oleh serangan virus dan tidak dapat lagi diperbaiki. Itu sebabnya ini dirujuk menjadi salah satu cara menghilangkan virus di windows 10 Gunakan kesempatan ini untuk mengatur ulang sistem dengan memilih restore point yang menurut kamu tidak terinfeksi oleh virus.

Jika kamu merasa virus tersebut masih mengidap dalam sistem Windows 10 kamu, selanjutnya coba lakukan scan melalui Safe Mode. Selama kamu bereada dalam Safe Mode, pastikan untuk menghapus file temp apa pun yang dapat menembus Windows bahkan setelah beberapa saat menggunakan sistem operasi dan bisa saja menyembunyikan malware. Di menu Start, ketik Disk Cleanup dan hapus semua file temps tersebut.


Live CD

Opsi ini bisa kamu gunakan jika Windows 10 kamu telah memiliki masalah yang akhirnya telah merusakan sistem di luar kegunaan yang mungkin bahkan tidak membiarkan kamu untuk masuk. Cara terbaik untuk menghilangkan virus dalam keadaan ini adalah dengan mem-boot langsung komputer kamu ke perangkat lunak antivirus. Gunakan program CD yang dapat di-boot atau biasa disebut "Live CD" atau "rescue CD".


Lakukan Pemindaian dengan Aplikasi Anti-Virus

Jika kami  memiliki aplikasi utilitas antivirus yang telah diinstal dan diperbarui, hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah membukanya dan kemudian melakukan pemindaian sistem secara menyeluruh. Untuk keperluan artikel ini, kami akan menggunakan contoh pada Windows Defender Security Center karena apikasisi anti virus ini adalah aplikasi pertahanan bawaan milik Microsoft.  Utilitas antivirus pihak ketiga seperti Norton, McAfee, BitDefender, Avira, akan memiliki opsi serupa.
  1. Buka Settings lalu pilih opsi Update and Security
  2. Di Windows Defender Security Center, klik menu Virus & threat protection. Jika virus telah terdeteksi, kamu dapat segera memulai pemindaian.
    Cara Jitu Menghilangkan Virus di Windows 10
  3. Selanjutnya kamu perlu melakukan pemindaian sistem lengkap, jadi, klik menu Virus & threat lalu klik Advanced Scan.
  4. Pilih tombol Full Scan, lalu klik Scan Now.
  5. Proses ini dapat memakan waktu tergantung pada ukuran data dan tingkat keparahan infeksi dalam PC kamu. Pemindaian pertama mungkin tidak akan berhasil menghapus virus, jadi kami merekomendasikan untuk melakukan beberapa pemindaian lagi.
  6. Setelah virus ditemukan, kamu dapat mengklik Start action untuk segera mengkarantina virus atau meninjaunya untuk melihatnya secara detail dan lebih lanjut.

Malwarebytes

  1. Unduh dan Install aplikasi Malwarebytes
    Cara Jitu Menghilangkan Virus di Windows 10
  2. Ketika instalasi Malwarebytes dimulai, Anda akan melihat Wizard Setup Malwarebytes yang akan memandu melalui proses instalasi. Untuk menginstal Malwarebytes di PC, klik tombol “Agree and Install”.
  3. Setelah terinstal, Malwarebytes akan secara otomatis memulai dan memperbarui basis data antivirus mereka. Untuk melakukan pemindaian sistem, klik tombol "Scan Now".
  4. Pada tahap ini, Malwarebytes akan mulai memindai komputer untuk adware dan program jahat lainnya. Proses ini dapat memakan waktu beberapa menit, jadi kami sarankan kamu untuk melakukan sesuatu yang lain dan secara berkala memeriksa status pemindaian untuk melihat estimasi waktu selesainya proses tersebut.
  5.  Setelah pemindaian selesai, kamu akan diberi layar yang menunjukkan infeksi malware yang terdeteksi oleh Malwarebytes. Untuk menghapus program yang ditemukan Malwarebytes, klik tombol “Quarantine Selected.”
  6.  Malwarebytes sekarang akan menghapus semua file berbahaya dan kunci registri yang ditemukannya. Untuk menyelesaikan proses penghapusan malware, Malwarebytes mungkin akan meminta kamu untuk me-restart komputer.


Cara menghilangkan virus di windows 10 terbaik untuk menjaga keamanan dari komputer adalah dengan bahwa memastikan antivirus yang kamu gunakan telah terupdate ke versi terbarunya. Windows 10 memiliki firewall bawaan, dan antivirus yang cukup efektif yang telah dibenamkan dalam sistemnya Jika kamu merasa butuh Perlindungan ekstra, maka tidak ada salahnya untuk membeli beberapa perangkat lunak bejenis aplikasi keamanan lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Jitu Menghilangkan Virus di Windows 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel