Cara Uninstall Program Bawaan Windows 10

Terdapat dua macam perangkat yang terdapat pada komputer maupun laptop, perangkat lunak dan perangkat keras. Perangkat keras atau hardware antara lain seperti motherboard, RAM, monitor, processor dan masih banyak lainnya, sedangkan perangkat lunak atau software seperti aplikasi anti-virus, aplikasi editing video, aplikasi editing foto dan masih banyak lainnya. Saat konsumen hendak membeli laptop biasanya hardware sudah terpasang di dalam laptop, mengingat hardware merupakan sebuah pondasi.

Hal yang berbeda dengan software terkadang sudah terpasang atau bahkan belum sama sekali sesuai permintaan konsumen, namun terkadang beberapa perangkat lunak atau program yang telah diinstall tak sesuai dengan keinginan konsumen. Namun ada beberapa program yang tidak bisa dengan mudahnya diuninstall, seperti program yang menempel atau default terpasang pada program di laptop.

Dengan semakin banyaknya program diinstall membuat ruang penyimpanan pun semakin berkurang, skala prioritas akan ditentukan pada tahapan ini kala program yang tidak terlalu penting akan diuninstall. Oleh karena itu beberapa cara di bawah bisa dilakukan untuk cara uninstall program bawaan windows 10, yang kerap kali tidak bisa diuninstall dengan cara yang biasa.

Standart 


Cara uninstall program bawaan windows 10 yang pertama bisa terbilang cukup mudah, saat kalian mengakses Start Menu pilihlah aplikasi yang ingin di uninstall. Kemudian tinggal klik kanan yang nantinya akan muncul opsi untuk uninstall, pilih opsi tersebut kemudian program yang dipilih akan terhapus.

Namun terkadang ada beberapa program bawaan yang tidak bisa untuk diuninstall menggunakan cara ini, bukan berarti program bawaan windows 10 tak bisa diuninstall dengan cara ini hanya saja tidak keseluruhan. Tidak perlu kebingungan bila cara ini tidak bisa bekerja dengan baik, ada beberapa cara lainnya yang bisa dilakukan guna menghapus program bawaan windows 10.

Normal Uninstall

Kemudian cara uninstall program bawaan windows 10 selanjutnya juga termasuk yang sering digunakan oleh beberapa orang serta terbilang tidak cukup rumit untuk dilakukan, yaitu dengan cara masuk ke menu control panel yang nantinya terdapat banyak pilihan kategori. Carilah kategori untuk uninstall program, opsi ini memungkinkan para pengguna untuk menghapus program yang diinginkan sehingga bisa mengatur program apa saja yang terdapat di laptopnya.

Atau cara lain yang bisa dilakukan dengan mengunjungi menu Settings, lalu mencari opsi System yang di dalamnya ada pilihan Apps. Carilah opsi Apps and Features untuk melihat urutan program yang diinginkan, kemudian untuk memudahkan urutkan sesuai yang diinginkan seperti, sort by name, sort by date atau sort by categories. Sehingga akan secara mudah menemukan program yang dicari.



Apps Remover

Sebuah aplikasi yang bisa diunduh dengan gratis di internet, dengan menginstall program Apps Remover ini kalian sebagai pengguna bisa menguninstall program yang diinginkan. Cara uninstall program bawaan windows 10 ini bisa membantu menghapus program seperti, calculator, weather, voice recorder dan masih banyak lagi aplikasi bawaan lainnya.

Dengan aplikasi ini akan cukup membantu para pengguna untuk menghapus program bawaan yang terkadang sulit untuk diuninstall, sebuah cara uninstall program bawaan windows 10 yang cukup sederhana dan ampuh tentunya. Selain karena membantu menghapus program bawaan, aplikasi ini pun mampu untuk menguninstall aplikasi lainnya yang memenuhi ruang penyimpanan pada laptop para pengguna. Sehingga memungkinkan untuk menginstall program yang lebih penting.

Sebagai catatan aplikasi ini bisa dijalankan tanpa harus mengubah ke dalam mode Administator layaknya windows PowerShell, cara untuk menggunakannya pun tidak terlalu rumit dengan tanpa harus menggunakan script perintah serta tanpa menggunakan kode. Hanya perlu menginstall serta memilih program yang terdaftar.

Start Fresh

Dengan mengakses atau mengunduh aplikasi bernama “Start Fresh” yang merupakan program asal Microsoft ini, kalian para pengguna windows 10 akan bisa untuk menguninstall program bawaan windows 10. Hal ini tentu sangat membantu bagi para pengguna yang kesulitan untuk menghapus program bawaan windows 10, mengingat windows 10 memiliki hubungan kerja sama yang cukup baik dengan Microsoft. Oleh karena itu program ini mampu digunakan kala ingin menguninstall program bawaan windows 10.

Start Fresh
Tak hanya itu cara uninstall program bawaan windows 10 ini akan menjadi solusi yang membuat para pembeli baru laptop nantinya mendapati kemudahan, mengingat sistim operasi yang kerap kali diterapkan pada laptop terbaru menggunakan windows 10.

PowerShell

Cara terakhir yang bisa dilakukan guna menghapus program bawaan adalah dengan menggunakan cara windows PowerShell, sebuah cara uninstall program bawaan windows 10 yang terbilang cukup rumit mengingat harus menginput perintah agar program yang diinginkan bisa terhapuskan.

Program bawaan yang bisa diuninstall seperti, OneNote, Xbox, Calendar, dan masih banyak lainnya, lalu jangan lupa untuk menjalankan windows PowerShell secara mode administator. Script perintah yang bisa diinput berupa seperti di bawah ini :

Get-AppxPackage *nama aplikasi* | Remove-AppxPackage

PowerShell
Dengan kalimat perintah seperti di atas para pengguna bisa untuk menginput nama program yang ingin diuninstall, hal ini tentu merupakan sebuah cara yang terbilang tepat untuk uninstall program bawaan windows 10 yang kerap kali kesulitan kala diuninstall oleh cara lainnya.
Beberapa nama-nama program bawaan ada di tabel berikut :

Nama Program
Kode
Camera
windowscamera
Maps
windowsmaps
Photos
photos
People
people
Store
windowsstore
Voice Recorder
soundrecorder
Alarms
windowsalarms
Music
zunemusic
 
Masukkan kode program di atas pada kalimat perintah yang telah diberikan agar program bisa langsung diuninstall, sesuaikan dengan nama program agar program yang akan dihapuskan tidak keliru ataupun salah saat akan menghapus program.

Karena terkadang pada beberapa program bawaan windows 10 tidak selalu mampu diuninstall tergantung program apa yang dijalankan, hal ini membuat program yang terdapat di laptop tak mampu disusun sesuai selera yang diinginkan. Ataupun program bawaan pun terkadang membuat ruang penyimpanan semakin lebih ‘sempit’ dan terkesan tidak terlalu penting.

Cara uninstall program bawaan windows 10 di atas merupakan beberapa yang bisa dilakukan dan semoga bisa menjadi referensi bagi para pengguna, terdapat beberapa cara yang sederhana namun kadang tak bekerja. Sedangkan yang lainnya dapat bekerja dengan baik namun memiliki tahapan yang sedikit rumit, lebih dari pada itu semua cara di atas akan kembali menjadi pilihan bagi para pengguna.

Yang jelas pemilihan untuk menginstall suatu program harus kembali menjadi bahan pertimbangan, mengingat bila kapasitas ruang penyimpanan tidak terlalu besar maka harus lebih bijaksana lagi dalam memilih program apa saja yang ingin dijalankan. Dan apabila kebutuhan mendesak maka mungkin memperbesar kapasitas laptop bisa menjadi jalan keluar.

Oke, pembaca yang budiman. Itu dari beberapa cara uninstall program bawaan windows 10 yang bisa Anda tempuh. Masing-masing cara punya kelebihan dan kekurangan, dicoba satu satu per satu jika ingin mengetahuinya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Uninstall Program Bawaan Windows 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel