Penyebab Tidak Bisa Internetan Ketika Kuota Masih Ada dan Cara Mengatasinya

Penyebab Tidak Bisa Internetan Ketika Kuota Masih Ada dan Cara Mengatasinya - Di zaman sekarang, kita tidak lagi hidup hanya dengan sandang, pangan, dan papan. Kita sekarang juga hidup dengan Internet. Bisa dibuktikan ketika seseorang tidak bisa mengakses atau terhubung ke internet, hidup mereka hampa karena hilangnya kebutuhan yang dianggap harus ada itu.
Penyebab Tidak Bisa Internetan Ketika Kuota Masih Ada dan Cara Mengatasinya

Nah kadang kali kita pernah kah, kuota yang "rasanya" masih ada tau-tau kita tidak bisa ter konek ke internet. Ada banyak faktor penyebab kenapa kita tak bisa terhubung ke internet walaupun kuota kita masih banyak. Oleh karena itu saya akan sedikit mengulas penyebab tidak terkoneksi ke internet dan juga cara mengatasinya yang mana artikel ini terinspirasi dari Teknosee dan juga sedikit tambahan dari perspektif saya sendiri.

Penyebab Paket Internet Tidak Bisa Dipakai 

Banyak dari kalian mungkin merasa heran, kenapa tidak bisa konek ke internet padahal kuota masih ada. Nah sebelum itu mari kita ketahui penyebab daripada hal tersebut. Berikut adalah kemungkinan penyebabnya.

1. Masa Aktif Kartu Habis

Banyak orang yang kadang melupakan masa aktif kartunya sendiri, dan adapula yang menyamakan masa aktif kartu dengan masa aktif kuota. Jadi apabila kuota kalian masih aktif misalnya masih sisa 2 minggu tapi masa aktif kartu habis, maka kuota internet akan percuma. Silahkan beli pulsa sesuai provider untuk memperpanjang masa aktif kartu kalian.

2. Jaringan yang Mengalami Gangguan

Biasanya di daerah yang agak terpencil jaringan internet agak susah terjangkau, jadi pastika apabila kalian berada di daerah yang tidak terlalu terpencil untuk mendapatkan jaringan. Dan kadang, pihak provider memang sengaja melakukan perawatan/maintenance jaringannya dengan cara mematikan jaringan untuk sementara waktu yang bertujuan memperbaiki kualitas jaringan mereka.

3. Kuota yang Sudah Habis

Cara mengecek kuota Internet disaat sekarang ini dapat dilakukan lebih cepat daripada dulu. Kalian tidak perlu melakukan dial, cukup dengan aplikasi provider kalian bisa mengecek berapa kuota interent yang tersisa, jadi pastikan kuota masih tersedia. Dan jika rasanya penggunaan kuota terlalu boros, manfaatkan aplikasi untuk memantau jumlah data yang kalian gunakan.

4. IMEI yang Hilang

IMEI yang hilang bisa jadi penyebab terakhir, karena apabila IMEI smartphone kalian hilang, maka ponsel kalian tidak teridentifikasi dan kalian perlu mengembalikannya lagi. Biasanya hal ini terjadi pada hp yang seri di root

Nah sekarang mari kita beralih ke cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Internet yang Tidak Bisa Terkoneksi

1. Restart Jaringan demgan Airplane Mode

Daripada hanya mematikan dan menghidupkan ulang jaringan data di hp, kalian lebih baik menggunakan Airplane mode, karena akan hp akan bekerja mencari jaringan baru layaknya ketika hp kalian baru di restart.

2. Setting APN

Biasanya beberapa Smartphone perlu dilakukan penyetingan APN secara manual, biasanya Hp ex-inter dengan harga murah. Tapi apabila hp kalian adalah hp ori dan baru, saya rasa kalian tidak perlu menyetting APN lagi karena pasti sudah tersetting secara otomatis.

3. Restart HP

Cara terakhir yaitu dengan merestart hp kalian. Karena tidak ada lagi pilihan selain itu.

Jika smartphone kalian tetap tidak terkoneksi ke internet. Silahkan berkomentar dibawah, saya akan bantu jika bisa yah!.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab Tidak Bisa Internetan Ketika Kuota Masih Ada dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel