8 Cara Mudah Mendinginkan Motherboard yang Kepanasan

   8 Cara Mudah Mendinginkan Motherboard yang Kepanasan - Motherboard adalah sebuah komponen hardware pada PC yang sangat penting, tanpanya kesemua hardware tidak dapat saling terhubung dan terkait satu sama lain, karena di Motherboard terdapat berbagai port dan socket yang disediakan untuk membuat antar komponen lain saling terhubung dan berfungsi.
8 Cara Mudah Mendinginkan Motherboard yang Kepanasan

   Yang namanya barang pasti mengalami yang namanya "masalah", seperti halnya Motherboard yang terlalu panas. Yang awalnya hanya kepanasan lama-lama dapat mengakibatkan kerusakan fatal terhadap motherboard kalian sendiri. Jadi hal ini tidak boleh dibiarkan, kalian perlu melakukan beberapa cara dibawah ini. Karena salah satu dampak dari motherboard yang kepanasan yaitu komputer atau laptop yang tiba-tiba mati sendiri.

  Untuk mengetahui suhu Motherboard dan komponen lainnya seperti VGA, RAM, Harddisk dll kalian bisa memakai software, untuk caranya baca di artikel : Cara Terbaik Mengetahui Spesifikasi PC atau Laptop Paling Lengkap

   Langsung saja, inilah cara menghilangkan atau mendinginkan motherboard yang kepanasan.

1. Pastikan Suhu Udara Sekitar Tidak Terlalu Panas

   Di zaman sekarang ini, dimana polusi ada dimana-mana, tidak mungkin disiang hari akan dingin, pasti panas dong. Oleh karena itu usahakan penggunaan Komputer atau laptop di daerah/ruangan yang adem dan tidak terlalu panas.

   Untuk Laptop, lebih baik lagi untuk tidak menggunakan laptop diatas kasur tanpa fan tambahan, karena apabila bagian bawah laptop langsung terkena kasur, dikhawatirkan akan menyumbat aliran udara dan membuat laptop kepanasa/overheat.

2. Gunakan Casing

   Saat sekarang ini sudah banyak casing PC yang memiliki desain keren, harga murah dan sirkulasi udara yang baik, jadi rasanya tidak terlalu sulit untuk memakainya, jangan biarkan PC kalian dalam keadaan "telanjang" atau tanpa casing, meskipun banyak udara masuk, namun udaranya sangat banyak mengandung kotoran, sehingga kotoran itu nantinya akan menghinggapi komponen motherboard dan komponenn hardware lainnya, sehingga kalau sudah begitu, pastinya motherboard dan kawan-kawan akan kepanasan.

3. Rutin Membersihkan Komputer atau Laptop

   Ya, bagi laki-laki hal bersih-bersih adalah hal yang berat, termasuk saya hehehhe. Bagi pengguna PC maupun laptop perlu melakukan pembersihan rutin terutama di bagian hardware agar terhindar dari debu dan partikel kotor lainnya.

  Cukup lakukan dalam beberapa kali dalam sebulan, bagi pengguna PC sangat mudah untuk membersihkannya, tapi untuk Laptop, apabila kalian tidak terlalu mahir dalam bongkar pasang laptop, lebih baik dibawa ke teknisi.

4. Rapikan Bagian dalam PC 

   Jangan biarkan kabel berkeliaran di mana-mana, rapikan kabel kabel yang menutupi motherboard dengan teknik Cable Management, karena kabel yang berkeliaran juga bisa berperan dalam proses penghangatan  motherboard dan juga kabel yang berkeliaran dan tak rapi juga dapat membahayakan komponen lainnya.

5. Jangan Sering-Sering Overclocking

   Overclocking atau meningkatkan performa PC atau laptop adalah suatu aksi yang bertujuan mencapai performa maksimal komputer atau laptop untuk menghasilkan performa yang extrim seperti memainkan game dengan spesifikasi berat atau menjalankan aplikasi maha berat lainnya, Jadi tentu Overclocking memaksa semua komponen untuk kerja keras terutama motherboard dan VGA. 

   Bagi orang yang sudah ahli dalam hal Overclocking tentu hal ini tak jadi masalah, tapi bagi kalian yang masih amatir, mending belajar lebih dahulu ke masternya. Tapi saran saya, lebih baik tidak melakukan Overclocking, sama saja kalian "membunuh" komponen komputer atau laptop kalian lebih cepat karena dipaksa kerja Rodi.

6. Pemasangan Fan CPU atau Water Cooling Kit

   Memasang Fan CPU atau kipas CPU sangat membantu dalam men-sirkulasi udara yang ada dalam casing, akan lebih baik lagi kalau kalian memakai Water Cooling Kit. Water Cooling Kit adalah utility yang membantu mendinginkan Motherboard dan komponen lain dengan air. Air nantinya disalurkan melalui selang khusus, jadi Komputer kalian tidak akan basah. Namun hat-hati akan kebocoran yah!.

7. Cermati Keadaan Power Supply 

   Power Supply yang sudah berumur, mestinya harus diganti dengan yang baru. Karena kalau Power Supply sudah tua, ditakutkan energi yang dihasilkan banyak berubah jadi kalor atau energi panas. Apabila power supply sudah rusak jangan berpikir untuk memperbaiki, ganti saja dengan yang baru.

8. Menggunakan Koin

   Trik unik ini dirasa mampu menyerap panas yang dihasilkan motherboard dan kompinen lain, yaitu menggunakan uang koin 500 kuning, karena di uang 500 koin kuning tersebut terdapat kandungan tembaga yang dapat menyerap panas, so you can try it!.

Sekian cara dari zaidan komputer kali ini, semoga dapat bermanfaat!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "8 Cara Mudah Mendinginkan Motherboard yang Kepanasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel