Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca di Windows Komputer/Laptop

   Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca di Windows Komputer/Laptop - Pernahkan mengalami Flashdisk kesayangan kalian tidak terbaca saat kalian colokkan ke komputer atau laptop kalian? itu disebabkan oleh beberapa faktor. Contohnya saja apabila flashdisk kalian kadang-kadang terbaca kadang-kadang tidak itu biasanya faktor port USB yang sudah mulai mengalami kerusakan.

Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca di Windows Komputer/Laptop

   Jadi perlu bagi kalian untuk mengetahui terlebih dahulu faktor apa sajakah yang membuat flashdisk kalian tidak terbaca di komputer atau laptop kalian. Agar kedepannya kalian tak lagi mengalami musibah flashdisk tidak terbaca ini.

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca Komputer/Laptop

   Ada beberapa penyebab yaitu :
  1. Flashdisk yang kalian beli adalah barang KW alias abal-abal yang pastinya memiliki kualitas yang buruk
  2. Kerusakan fisik pada Flashdisk seperti tertindih, terjatuh, terendam air dan lain-lain.
  3. Driver USB yang tidak terinstall di Windows
  4. Kebiasaan tidak meng-eject sesudah memakai Flashdisk
  5. Port USB yang sudah rusak
  Jadi 5 faktor diatas adalah penyebab normal yah, tidak termasuk hal yang aneh aneh hehehe.
Nah saya akan memberikan tips memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca sesuai dari kelima faktor diatas.

Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca di Windows Komputer/Laptop

1. Flashdisk KW atau abal-abal

   Flashdisk KW alias palsu sangat banyak bertebaran di mana-mana, di toko online dan offline komputer sekalipun, bahkan ada juga yang mengecer di tepi jalan. Ada banyak yang pernah saya tau dan coba, seperti flashdisk yang rupanya mirip asli namun dalamannya sangat jauh berbeda dari asli, adalagi flashdisk yang baru beberapa hari pakai langsung corrupt terus-terusan dan tidak terbaca dan masih banyak lagi. Jadi tipsnya untuk kasus ini, silahkan beli flashdisk di toko komputer resmi kalau perlu tanyakan keasliannya, tantang si penjual untuk membuktikannya, dan ingat garansi yah. cause warranty is everything.

2. Driver USB tidak terinstall di laptop atau komputer kalian

   Untuk yang satu ini, kalian perlu mencoba flashdisk kalian di pc lain, apabila di laptop lain terbaca sedangkan di laptop kalian tidak bisa, berarti ada kemungkinan masalahnya ada pada Driver USB nya. Solusinya yaitu Install Driver USB nya. Pakai aplikasi pencari driver yang akan membantu kalian menemukan driver USB yang tepat untuk laptop atau komputer kalian seperti Drivereasy, download dan jalankan, nantinya setelah software menemukan driver USB yang cocok tinggal kalian download driver tersebut dan silahkan coba lagi.

  Akan lebih baik lagi apabila kalian memiliki software segala driver seperti Driverpack Solution yang memiliki size sangat besar yaitu 15 GB tapi kelebihannya didalam software tersebut terdapat segala macam driver untuk semua laptopdan komputer.

3. Kebiasaan tidak meng-Eject Flashdisk

   Meng-eject flashdisk adalah hal sepele namun penting yang sering kali dilewatkan termasuk saya. Mencabut flashdisk langsung tanpa meng-eject dapat membuat kerusakan chip flashdisk karena flashdisk berhenti read and write secara tiba-tiba. Jadi penting sekali untuk meng-eject flashdisk kalian setelah selesai memakai flashdisk.
eject flashdisk


4. Port USB yang rusak

   Yang satu ini mungkin membutuhkan sedikit keahlian tangan untuk mengganti port USB yang rusak, karena tidak mudah membongkar dan memasang port USB tersebut, mungkin kalian butuh bantuan teknisi komputer terdekat untuk melakukan ini.
Port USB yang rusak

5. Format Flashdisk 

   Lakukan pen-formatan flashdisk, cara ini dirasa cukup membantu, caranya kalian dapat langsung meng-eject flashdisk langsung di Explorer atau jika kalian tidak bisa memformatnya, silahkan pergi ke artikel ini > Cara Lengkap Mengatasi Flashdisk yang Tidak Bisa di Format

6. Menambahkan Flashdisk Secara Manual ke Windows

   Apabila Flashdisk kalian tidak terbaca, mungkin fitur Plug and Play Windows kalian tidak bekerja dengan baik, saatnya untuk menambahkan Flashdisk kalian secara manual ke Windows, caranya :
  1. Colokkan flashdisk ke port USB di komputer/laptop kalian
  2. Kemudian buka menu Control Panel. Caranya, klik Start > Control Panel (Windows Vista & 7).
  3. Klik Device Manager
  4. Klik Action > Add Legacy Hardware
  5. Pada windows yang muncul, klik Next
  6. Kemudian pilih “Search for and install hardware automatically”
  7. Kalau USB flashdisk kalian terdeteksi, maka akan keluar AutoRun
  8. Hal tersebut akan diiringi dengan kemunculan ikon “Removable Hardware” pada system tray. Selanjutnya, akan muncul drive baru di Windows Explorer atau My Computer. Jika tak percaya, kalian buka saja.
  9. Kalau itu sudah keluar artinya Flashdisk sudah bisa digunakan, namun kalau masih belum, lanjut cara dibawah ini.
  10. Jika flashdisk masih tidak terbaca, ulangi langkah nomor 2 sampai 5. Bedanya, pada langkah 5, kalian pilih “Install the hardware that I manually select from a list”
  11. Pilih beberapa pilihan hardware yang tersedia pada daftar yang muncul pada jendela. Karena kita hendak menambahkan USB flashdisk, pilih USB Controller atau Storage.
  12. Klik OK.

 7. Menggunakan Software HDD Low Level Format 

   Ini merupakan cara terakhir yang sekiranya ampuh, yaitu menggunakan software HDD Low Level Format. Caranya :
  1. Colokkan Flashdisk ke Laptop atau Komputer kalian
  2. Kemudian download software HDD Low Level Format lalu buka dengan "Run as Administrator"
  3. Kemudian pilih USB lalu klik continue
  4. Lalu tunggu proses perbaikan flashdisk sampai selesai. Jika sudah selesai, silahkan format ulang melalui Windows Explorer
Jadi itulah  Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca di Windows Komputer/Laptop. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca di Windows Komputer/Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel