Cara Terbaik Mengatasi HP yang Masuk Air Agar Tidak Rusak

Cara Terbaik Mengatasi HP dan Laptop yang Masuk Air Agar Tidak Rusak – Sebuah gadget yang kemasukan air sangat berisiko mengalami kerusakan baik itu konsletinng ataupun komponen yang menjadi karatan.Dan tidak ada manusia manapun yang sengaja memasukan hp kedalam air,kecuali hp nya memiliki fitur Water-resistant yang dimiliki smartphone terbaru macam Sony,Iphone,Samsung dan lain-lain.

Cara Terbaik Mengatasi HP yang Masuk Air Agar Tidak Rusak

Artikel ini juga saya buat dari pengalaman teman saya, yang hp nya kemasukan air dan terpaksa membayar mahal ke konter perbaikan hp.Teman saya tidak sengaja menjatuhkan hpnya ke sungai sehingga hpnya langsung mati total, dan karena terlalu lama membiarkan hpnya kemasukan air,akhirnya terpaksa harus benar-benar dibongkar oleh orang service dan tentunya bayar.

Agar tidak adalagi korban seperti teman saya, maka dari itu saya coba merangkumkan cara-cara mengatasi Hp yang kemasukan air baik itu air laut maupun air sungai. Dan ingat cara ini untuk semua merek hp.

Cara Terbaik Mengatasi HP dan yang Masuk Air Agar Tidak Rusak 

 

Cara Terbaik Mengatasi HP yang Masuk Air Agar Tidak Rusak

1.  Ambil HP yang Masuk ke Air Secepat mungkin

Pasti awal dari kasus ini,hp kalian nyemplung ke air pastinya.ketika hal itu terjadi,langsung ambil Hp kalian secepat mungkin. Jangan terlalu dramatisir,kalian tidak punya waktu untuk itu,yang perlu kalian lakukan ambil hp secepat mungkin dari dalam air.

2. Matikan HP Kalian dan Keringkan 

Setelah Hp kalian telah dikeluarkan dari Air,sekarang kalian harus pastikan hp kalian mati,jika belum mati,silahkan matikan terlebih dahulu dan jika sudah mati,jangan coba untuk menhidupkannya karena dapat memicu konsleting listrik di dalam hp. Lalu bersihkan Hp dari air dengan kain kering pada bagian yang kalian bisa bersihkan pada saat darurat terlebih dahulu.

Dan ingat,jangan menggoyang-goyangkan Hp, karena dengan menggoyang-goyangkan hp akan membuat air mengalir atau menyebar ke komponen lain. 

3. Bongkar Hp 

Setelah membersihkan Hp dengan kain kering pada bagian luar,silahkan bongkar hp kalian, untuk yang tidak terlalu mahir, cukup membuka baterainya,Sim card, Memori card. Jika kalian mahir dan punya obeng dan peralatannya kalian bisa membuka casing dan komponen lainnya lebih lengkap.

Jika ragu-ragu,silahkan bawa ke tempat service terpercaya kalian secepatnya.

4. Timbun ke Dalam Beras atau Gel Silika

Cara Terbaik Mengatasi HP yang Masuk Air Agar Tidak Rusak

Setelah dibongkar, yang perlu kalian lakukan adalah secepatnya mengambil wadah atau toples kemudian isikan dengan beras atau gel silika. pastikan wadah atau plastiknya cukup untuk meletakan Hp. Setelah terisi beras atau Gel Silika, Hp beserta komponen yang sudah dibongkar tadi kalian masukan kedalam beras dan timbun.Diamkan untuk beberapa jam atau sehari.

Kenapa harus dalam beras atau gel silika? karena keduanya bekerja sangat baik dalam urusan menyerap kelembapan secara cepat.Meski begitu beras atau gel silika tidak benar-benar bisa menyerap secara sempurna Hp yang terendam secara keseluruhan atau parah. Sekali lagi,jika benar-benar terendam parah,sebaiknya langsung saja ke service untuk segera mendapat bantuan ahli.

Jika kalian tidak memiliki beras atau gel silika,untuk kasus ini dibenarkan untuk menjemur karena keadaan darurat namun dengan catatan tidak boleh dijemur secara langsung terpapas sinar matahari.

5. Kemudian Charger HP Hingga Penuh.

Jika dirasa telah cukup kering setelah ditimbun di beras atau gel silika,selanjutnya angkat hp,pasangkan komponen tadi lalu charger seperti biasa. Ingat charger sampai benar-benar penuh jangan coba untuk menghidupkannya.

6. Hidupkan dan Periksa Apakah Ada Kerusakan

Setelah baterai benar-benar penuh,silahkan hidupkan dan berdoa saja tidak ada kerusakan yang terjadi. Apabila tidak ada kerusakan berarti langkah-langkah diatas berkerja dengan sangat baik.Periksalah dengan teliti mulai dari speaker,touchscreen,kamera dan juga rasakan performanya apakah berbeda dari biasanya,jika ada kerusakan bisa dibawa ke tempat service terpercaya.

Intinya,apabila hp atau gadget lainnya seperti Laptop,tablet dan lain-lain yang kalian perlu lakukan adalah cepat keluarkan gadget kalian dari air secepatnya dan jangan menunggu lama-lama, dan jangan menjemur di sinar matahari tapi timbunlah kedalam beras atau gel silika, tapi jika tidak ada keduanya kalian boleh menjemur tapi tidak berpapasan dengan sinar matahari secara langsung.

Semoga dengan artikel ini, dapat membantu kalian mengatasi masalah hp kemasukan air tanpa biaya,dan apabila ada kritik dan saran atau bahkan tambahan artikel ini,bisa ditambahkan dibagian kolom komentar dibawah,sekian terima kasih.

Tinggalkan komentar