Cara Mengatasi Kursor Mouse yang Hilang di Windows 7, 8, 10

Cara Mengatasi Kursor Mouse yang Hilang di Windows 7, 8, 10 – Apakah kalian menemukan artikel ini di Google? jika iya,Alhamdulillah berarti blog ini page-one. Dan bersyukur pulalah kalian jikalau membaca artikel ini,semoga permasalahan mengenai kursor mouse yang hilang kalian dapat terpecahkan,karena Zaidan Komputer akan mencoba memberikan kalian berbagai solusi mengatasinya.

Cara Mengatasi Kursor Mouse yang Hilang di Windows 7, 8, 10

Bercerita mengenai kursor mouse, ada beberapa masalah dari benda satu ini, seperti mouse yang terus-menerus loading,double klik,susah dipencet dan lain sebagainya. Dan pengalaman saya,saya pernah mengalami double klik dan juga kursor mouse yang hilang ketika saya selesai menginstall ulang laptop teman.

Lalu, apakah sekarang kursor mouse kalian hilang? kalau kursor mouse kalian hilang,jangan beranggapan bahwa kalian tidak bisa menekan apapun di komputer,laptop dan notebook kalian,kalian masih bisa memencet apapun kok dengan bantuan keyboard. Tombol Tab akan berguna untuk memindah-mindahkan tulisan atau objek yang dipilih,tombol panah untuk arah,dan Enter.

Langsung saja,inilah artikel yang rasanya bisa membantu kalian,berlaku untuk semua windows ya,baik windows 7,windows 8, dan windows 10, tampilan dan tulisan bisa disesuaikan.

Cara Mengatasi Kursor Mouse yang Hilang di Windows 7, 8, 10

1. Gunakan Fungsi Tombol Function (fungsi)

Ketika kalian selesai menginstall laptop dan kursor kalian tidak muncul,tenang mungkin ini hanya masalah sepele.

Bisa jadi kursor mouse kalian terkunci, masalah ini dapat diatasi dengan menekan kombinasi tombol fungsi yaitu tombol FN ditekan dengan tombol F1,F2,F3,atau F4. Binggung tombol yang mana? biasanya di keyboard laptop dan notebook terdapat icon mousenya,coba lihat.Jika tidak ada,silahkan cek ke official website notebook kalian ataun silahkan mencoba satu persatu.

Contoh : di laptop ACER, kalian bisa coba kombinasi FN+F7, di laptop Lenovo Yoga 720 kalian bisa coba kombinasi FN+F6.

 2. Cek Kursor melalui BIOS

Cara ini adalah cara yang terbilang mudah, jikalau cara nomor 1 tidak bisa, kalian bisa mencoba untuk masuk ke menu BIOS laptop,komputer dan notebook kalian.Caranya:

  • Restart laptop kalian
  • Dan ketika logo motherboardnya muncul, klik tombol menu BIOS sesuai merek laptop kalian,contoh : tombol menu BIOS laptop ACER yaitu F2
  • Setelah masuk,coba masuk ke tab Main,lalu lihat apakah ada Touchpad
  • Kalau ada,silahkan ubah dari ADVANCED ke BASIC yah.
  • Kemudian simpan dan keluar lalu laptop akan merestart sendiri
  • Tara kursor mouse sudah muncul!!

 Kalau masih belum,lanjut!!

3. Cek pengaturan Mouse/pointer di Mouse Properties

Terkadang, hilangnya kursor mouse disebabkan oleh pengaturan Mouse Properties-nya sendiri yang salah,jadi tidak selalu Mouse dapat disalahkan. Ada baiknya kalian coba cek dulu ke pengauran mouse propertiesnya, coba ikuti cara ini :

Cara ini sebenarnya membutuhkan bantuak mouse untuk men-klik,namun karena kursornya sendiri hilang,kalian harus menggunakan keyboard untuk menggantikan peran mouse sebagai pengekliknya, gunakan tombol Tab untuk pindah, tombol Panah/Arrow untuk memilih dan Enter untuk konfirmasi.

  • Buka menu Start dengan klik logo windows di keyboard kalian dan ketik Control Panel lalu buka.
  • Setelah itu pilih bagian Hardware and Sound.
  • Lalu pilih Device and Printer kemudian pilih Mouse.
  • Kemudian jendela munculan akan keluar dan pilih Pointer Option
  • Selanjutnya hilangkan centang di kotak bertuliskan Hide Pointer While Typing. Seperti digambar ini

Cara Mengatasi Kursor Mouse yang Hilang di Windows 7, 8, 10 

4. Cara Mengatasi Kursor Mouse yang Hilang di Windows 10 dari video Youtube ini

Tadi ketika saya mencari cara mengatasi kursor atau touchpad yang hilang,saya menemukan video dengan banyak komentar yang mengatakan bahwa cara ini berhasil,bisa kalian cobakan sendiri yah,siapa tahu bisa bekerja dengan baik.

5. Update atau Install Driver Mouse Kalian.

Langkah Terakhir untuk masalah ini adalah dengan menginstall driver mouse kalian, mungkin sewaktu sesudah menginstall ulang, driver mouse kalian tidak terinstall dengan benar atau bahkan tidak terinstall. Caranya kalian harus update sendiri,untuk tips mengerakan dan memilih,bisa pakai cara di nomor 3 yah. Cara update driver mouse kalian ada 3,yaitu ;

  • Menggunakan CD installer mouse yang disediakan
  • Menginstall driver universal seperti  DriverPack
  • Atau kalian bisa mendownload sendiri driver mouse kalian sendiri sesuai merek laptop kalian,linknya dibawah ini :
  • Asus (http://support.asus.com/download/download.aspx?SLanguage=en-us)
  • Acer (http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers)
  1. Axioo (http://www.axiooworld.com/region/index.php?act=download&goto=download)
  2. Toshiba (http://support.toshiba.com/drivers)
  3. Dell (http://support.dell.com/support/downloads/index.aspx?c=us&l=en&s=gen)
  4. HP (http://www8.hp.com/us/en/support-drivers.html)
  5. Advan (http://advandigital.com/download.php)
  6. Zyrex (http://www.zyrex.com/index.php/download-driver.html)
  7. Sony (http://www.sony.co.id/section/downloads)
  8. Lenovo
    (p://www-307.ibm.com/pc/support/site.wss/product.do?doctypeind=9&template=/productselection/landingpages/downloadsDriversLandingPage.vm&sitestyle=lenovo)

Akhir Kata..

Untuk akhir kata,saya ucapkan terima kasih bagi pengunjung blog ini,semoga permasalah kalian teratasi. Dan ingat,cara Cara Mengatasi Kursor Mouse yang Hilang ini bisa di lakukan di Windows 7, 8, 10 . Apabila ada permasalah lain atau berhubungan dengan ini,silahkan komentar karena saya tidak akan keberatan.terima kasih!!

Tinggalkan komentar