Pengalaman Cara Mendaftar dan Pemasangan Indihome di Rumah

Artikel kali ini berdasarkan pengalaman saya mengenai cara daftar dan pasang Indihome di rumah, tepatnya di kota Padang, karena saya tinggal di kota yang menjadi ibukota Sumatra Barat ini. Sebelum memasang Indihome, saya mengalami dilema mengenai Internet, saya orangnya tergolong sangat boros dalam menggunakan kuota, bayangkan paket Telkomsel 15 GB habis dalam 1 minggu kurang, kurang gila apa coba? hahaahaha

Bagi kalian yang cukup addict dengan Internet seperti saya dan hanya sering di rumah, lebih baik kalian memasang internet rumahan yang jauh lebih hemat dan stabil lah (walau kadang gangguan). Nah itu juga yang saya pikirkan waktu itu, karena saya hanya sering di rumah, soalnya kampus saya berkuliah sangat jauh, jadi jarang di kampus, seringnya mendekam aja di rumah, internetan dan lain-lain.

Dulunya, saya sudah pernah memakai layanan Indihome 10 Mbps di kampung saya, jadi di kota Padang ini saya mencoba mencari alternatif provider internet rumahan lain, ada sih Bizz Net, tapi dari cakupan jaringannya sangat kecil dan tidak sampai ke perumahan rumah saya, dan terpaksa deh pasang Indihome.

Cara Pendaftaran Indihome


Cara pendaftaran Indihome ada 2, yaitu Online dan Offline, diawal saya mencoba online via aplikasi MyIndihome, hasilnya? tidak di follow-up sama sekali, sampai-sampai saya terpaksa menelpon orang kenalan kakak saya di Telkom, beliaulah yang membantu "mengingatkan" orang Telkom tadi bahwa saya udah lama memesan pemasangan Indihome, dan langsung besoknya dipasangin, wkwkwkwk kayaknya powerfull banget nih kenalan kakak ane.

Lalu berikutnya dengan cara Offline, cara ini termasuk lebih ampuh dan lebih cepat di follow-up, terlebih apabila kalian tidak punya orang dalam yang mempermudah, bisa tidak di follow-up berbulan-bulan request kalian. Cara Offline ini cukup mudah, cukup pergi ke Plasa Telkom

Pengalaman Cara Mendaftar dan Pemasangan Indihome di Rumah
Plasa Telkom Padang (ini foto tahun 2011)
Tapi jangan terburu-buru pergi ke Plasa Telkom, sebelum pergi kesana ada baiknya kalian yang mengecek secara manual apakah daerah kalian sudah tercakup kedalam FiberMap Indihome, maksudnya? fibermap itu cakupan daerah yang sudah tersedia jaringan indihomenya, apabila kalian pernah melihat kotak seperti ini di tiang listrik dekat rumah kalian
kotak odp indihome
namanya kotak ODP
berarti daerah kalian sudah pasti tercakup dan langsung cus saja ke Plasa telkom untuk lanjut ke pemasangan, tapi bagaimana kalau kalian tidak pernah melihat kota itu? tenang, kalian bisa melihat apakah daerah kalian termasuk atau tidaknya lewat peta Fiber milik Indihome, di situs https://fibermap.indihome.co.id/ , tinggal lihat di petanya apakah ada logo indihomenya atau tidak

Pengalaman Cara Mendaftar dan Pemasangan Indihome di Rumah

Keterangan :
  • Panah merah : adalah kemungkinan letak kotak ODP terdekat dari rumah saya di panah biru
  • Panah Biru : adalah rumah saya
  • Panah Hitam : saya melihat ada kotak ODP disana, mungkin kotak yang disitu belum masuk di peta sepertinya.
 Apabila daerah kalian belum tercakup daerah internet fibernya Indihome, saya sarankan jangan memaksakan pemasangan, karena nantinya biayanya sangat besar karena biaya pemasangan dan instalasinya sangat membebankan, jadi saran saya bersabar dulu

Nah kalau kalian sudah tau, selanjutnya ke Plasa Telkom.

Di Plasa Telkom, kalian akan disuruh mengisi Formulir-formulir dan data diri pastinya, nah selanjutnya melihat biayanya.

Biaya Internet Fiber Indihome menurut saya lumayanlah daripada tiap minggu beli kuota Hp saya, paket internet yang disediakan Indihome hanya tersedia dalam bentuk Bundling dan ada sistem FUP nya.

Maksud FUP itu sama seperti kuota, cuman agak berbeda, kalau kuota, apabila habis internet tidak bisa lagi terhubung, kalau FUP, meski sudah mencapai batas FUP, kalian tetap bisa mengakses internet tapi kecepatannya berkurang sekitar 25%. Contohnya di paket 10 Mbps, FUPnya yaitu 300 GB, apabila kalian mencapai 300 GB maka kecepatan internet berkurang menjadi 75%, ngerti kah?

Selanjutnya, ada sistem Triple Play dan Dual Play, itu adalah semacam sistem penjualan Indihome dalam bentuk paketan, jadi kalian tidak bisa hanya memasang Internetnya saja, paling tidak kalian juga memasang Telpon rumah (Dual Play) atau sekalian saja dengan TV Kabel UseeTV (Triple Play). Berikut harga-harganya
triple play indihome
Ingat, harganya berbeda-beda untuk tiap daearah, contohnya saja, dulu di kampung, saya memasang Triple Play Indihome 10 Mbps di kampung harganya 550 ribu! dan sekarang di Padang, saya pasang paket Dual Play internet 10 Mbps dan telpon, biayanya 320 ribu!, jadi baiknya kalian datang langsung ke Plasa Telkom untuk mengetahui harga sejujurnya.

Pemasangan Indihome

Tidak lama setelah mendaftar dan di follow-up (berkat bantuan kenalan kakak heheehh) datanglah 2 orang petugas untuk memantau rumah kalian. mereka akan menghitung berapa panjang kabel yang dibutuhkan, kesulitan medan yang akan ditempuh kabel, tiang terdekat dan lain-lain.

Lalu, kemudian besoknya lagi akan dilakukan pemasangan, akan ada lagi petugas yang datang mungkin sama atau beda, kalau saya saat itu orang yang sama, mereka akan membawa STB dan perangkat Indihome lainnya, siapkan tempat khusus yah, yang aman dari jangkauan anak-anak.

Kemudian setelah di pasang, saya tahu bahwa biaya-biaya pemasangan dan penyewaan STB hanya dilakukan di Plasa Telkom, jadinya waktu itu saya hanya kasih 20 ribu sebagai uang rokok aja, nga pungli.

Selanjutnya, saya membayar segalanya di Plasa Telkom dan selesai!

Tagihan Bulanan

Untuk tagihan bulanan Indihome, deadline pembayaran Indihome adalah setiap tanggal 21 setiap bulannya, jadi pastikan kalian tidak lupa membayarnya, cara membayarnya juga mudah, bisa melalui tempat pembayaran seperti :
  • ATM
  • Kantor Pos
  • Outlet resmi pembayaran
  • Plasa Telkom
  • Aplikasi (kalau tidak salah)
Jika ada pihak yang datang ke rumah menagih pembayaran Indihome, hati-hati itu penipu, karena pihak Telkom sendiri tidak akan melakukan itu, kalau nga bayar yaa di putus, bener kan??

Penilaian Saya

Bagi saya seseorang yang hobi streaming Youtube, tiap hari! dan sempat jadi gamer hardcore main PUBG siang malam, Internet Fiber Indihome terendah sekalipun yaitu paket 10 Mbps, sudah sangat cukup bagi saya yang tinggal berdua bersama kakak saya yang jarang di rumah, kecepatan internet juga cukup stabil dan untuk mendownload fil 900 MB, hanya 10-13 menit saja.

Namun terkadang, Indihome mengalami sedikit gangguan, nah untuk itu, silahkan melapor ke pihak Telkom, caranya bisa kalian baca di artikel sebelumnya yaitu : Cara Melapor Gangguan Indihome Yang Benar dan Cepat di Tanggapi 

Berbagai artikel perbaikan Indihome juga ada di blog ini, jadi silahkan ketikkan di pencarian blog ini "Indihome" maka kalian akan menemukan berbagai artikel di blog ini mengenai Indihome.

Oh ya, bagi kalian yang punya kritikan dan saran, silahkan berkomentar dibawah dengan bahasa yang sopan, jangan sampai menghujat hanya karena kalian tidak puas, mari biasakan berkomentar yang baik dan ebnar

Semoga artikel ini membantu, dan Sekian terima kasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengalaman Cara Mendaftar dan Pemasangan Indihome di Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel