Pengertian Malware,Jenis-Jenis Malware dan Cara Mengatasinya

Pengertian Malware,Jenis-Jenis Malware dan Cara Mengatasinya - Malware adalah singkatan daripada Malicious Software atau kalau diterjemahkan yaitu "program yang mencurigakan". Penerapan virus ini tentunya dengan cara menggunakan program yang berisi virus-virus komputer ataupun Smartphone yang siap menghancurkan,mengacaukan atau bahkan mencuri data dari sebuah komputer/laptop atau Hp/smartphone.

Pengertian Malware,Jenis-Jenis Malware dan Cara Mengatasinya

Terkhusus untuk Windows dan Android,kedua sistem operasi ini bersifat Open Source ,yang artinya siapa saja bisa mengembangkan,menciptakan sesuatu di sistem operasi tersebut,baik itu aplikasi,software,game dan lain-lain dengan berbagai tujuan tertentu termasuk membuat Malware,jadi kedua sistem operasi sangatlah rentan akan virus,karena siapa saja bisa menyusupkan program berisikan virus disana.

Jenis-Jenis Malware

  1. Virus .exe , virus ini bekerja dengan cara menggandakan diri ketika kalian menjalan file .exe yang terinfeksi virus ini, virus ini akan terus menggandakan diri ke dalam folder-folder kalian.
  2. Worm, atau diartikan sebagai "cacing" yaitu virus yang bersifat mandiri,karena mampu mengembangbiakan diri tanpa bantuan kalian sebagai user komputer,Worm hanya perlu suatu jaringan untuk menjalankan aksinya yaitu menyebarkan ke pengguna lainnya,seperti kasusnya yaitu virus worm mengirim virus-virus nya via email,virus ini akan mengirim email layaknya sebuah email dari seseorang yang kalian kenal.Virus ini biasanya menyebabkan turunya performa komputer,stabilitas dan keamanan jaringan.
  3. Spyware, yaitu sebuah program, yang mana tentu memiliki tujuan Spying yaitu memata-mata kegiatan atau aktivitas seorang user yang sebelumnya sudah atau belum ditargetkan, virus ini akan mengirimkan data-data yang diperlukan untuk kepentingan si pembuat virus ini,biasanya jenis virus ini dibuat oleh pihak pengiklanan,pihak pemerintah dan bahkan pribadi.
  4. Adware,yaitu sebuah iklan yang disisipkan oleh si pembuat aplikasi/software,biasanya,virus malware berjenis adware ini hanya bertujuan untuk ajang mempromosikan sesuatu di software/aplikasi,jadi untuk satu ini,rasanya kalian tidak perlu khawatir.
  5. Keylogger, malware yang satu ini,adalah sebuah program yang sifatnya tersembunyi di sistem operasi dan virus ini bekerja untuk men-tracking atau merekam tombol atau huruf keyboard apa saja yang user/kalian tekan,jadi si pembuat virus ini dapat mengetahui data penting seperti password yang telah kalian ketik,biasanya malware yang satu ini di sisipkan di komputer umum/warnet,jadi berhati-hatilah.
  6. Rootkit, adalah program jahat yang menyamar dan bersembunyi di dalam sistem komputer atau bahkan file-file tertentu seperti Crack,Patch,dan Game. Bahaya yang dapat ditimbulkan yaitu dapat melakukan Keylogging,dan dapat memantau aktivitas user.

Cara Tepat dan Mudah Mengatasi Malware  

  1. Ketika berselancar di Internet,hati-hati dengan situs atau website yang kalian kunjungi,jangan mengunduh program yang tiba-tiba muncul dan meminta untuk di download.
  2. Pastikan selalu mem-backup atau mencadangkan data pribadi kalian yang ada.
  3. Jangan membuka file,data dokumen,ataupun link yang rasanya aneh atau kalian tidak tau,biasanya ini dikirim melalui email atau aplikasi messaging seperti Whatsapp. Jadi ketika ada teman mengirim suatu chat,jangan asal buka yah!.
  4. Aktifkan Firewall.
  5. Biasakan men-scan sebelum membuka.
  6. Gunakan Antivirus terbaru dan update list virus terbaru,karena Malware juga semakin canggih juga.
Jadi itulah artikel mengenai materi Malware,semoga artikel Pengertian Malware,Jenis-Jenis Malware dan Cara Mengatasinya dapat bermanfaat bagi kalian,dan mohon SHARE dan Like yah!.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Malware,Jenis-Jenis Malware dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel