Pengertian Lengkap Tentang RAM Beserta Fungsi dan Jenisnya Pada Komputer dan Laptop

Pengertian Lengkap Tentang RAM Beserta Fungsi dan Jenisnya Pada Komputer dan Laptop - Seringkali kalian mendengar istilah RAM kan? tapi seberapakah pemahaman kalian mengenai Random Access Memory atau biasa disebut RAM ini? oleh karena itu artikel ini akan berusaha mengulas untuk kalian mengenai pengertian dan penjelasan lengkap mengenai RAM.

Pengertian dan Penjelasan RAM

RAM adalah sebuah Hardware atau perangkat keras yang berada dalam sebuah Komputer atau laptop kalian yang memiliki kemampuan untuk mengakses memori secara acak dalam waktu yang cepat dan juga sebagai penyimpanan sementara yang sifatnya tidak permanen ketika kalian mengakses program dan lain-lainnya.

Pengertian Lengkap Tentang RAM Beserta Fungsi dan Jenisnya Pada Komputer dan Laptop

 Bisa dilihat dari pengertian singkat diatas,bahwasahnya RAM adalah tempat penyimpanan sementara ketika kalian mengakses sebuah software,game dan lain-lain sebelum data atau memori itu disimpan secara permanen di Harddisk.Dan perlu kalian tahu,kinerja daripada RAM sendiri jauh lebih cepat ketimbang Harddisk Hard Disk Drive dan juga SSD atau Solid State Drive.

Fungsi RAM

Fungsi daripada RAM tergolong sangat vital atau penting dalam sebuah kompuuter atau laptop kalian,oleh karena itu kalian perlu menaruh perhatian terhadap Hardware yang satu ini.

1.Penyimpanan Data atau Memori Sementara

Seperti yang sudah saya ulang dikalimat diatas,RAM akan menyimpan data atau memori dari software,game yang kalian buka.
Pengertian Lengkap Tentang RAM Beserta Fungsi dan Jenisnya Pada Komputer dan Laptop
Misalnya ketika kalian membuka browser,semua hal yang kalian lakukan di browser akan disimpan sementara di RAM,serta RAM akan membantu membuat browser kalian lebih lancar dan responsif.Oleh karena itu pastikan kalian menyimpan data kalian secara permanen apabila kalian benar-benar akan membutuhkannya kedepannya.

2. Memperlancar Kinerja Komputer atau Laptop dalam Urusan Multitasking

Ya! semakin tinggi RAM kalian,maka komputer dan laptop kalian akan menghasilkan performa yang sangat bagus bahkan dalam melakukan Multitasking,multitasking sendiri adalah kemampuan RAM dalam menjalankan 2 atau lebih software dan program bahkan game,karena pada RAM yang lebih tinggi dan lebih baru,kecepatan membaca data dan kapasitas memori RAM akan jauh lebih baik dan besar.Selain RAM ada cara lain memeprcepat kinerja komputer dan laptop yang menggunakan windows 10, inlah 14 Cara Mudah Mermpercepat Kinerja dan Performa Windows 10 
 

3. Membaca Data Lebih Awal Daripada Harddisk

Contohnya saja ketika kalian baru menghidupkan laptop atau komputer kalian,RAM akan terlebih dahulu membaca data yang berfungsi membuka software atau program lebih dulu,kenapa tidak Harddisk? karena Hardisk membutuhkan waktu untuk me-load atau mengakses data dan memori,sedangkan RAM dengan respon lebih cepat akan mengambil peran ini terlebih dahulu namun seperi pada fungsi RAM no.1,RAM tidak akan menyimpan data dan memori kalian secara permanen.

Selanjutnya kita beralih ke Jenis-Jenis RAM.

Jenis-Jenis RAM

  • DRAM (Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang terus-menerus di refresh oleh CPU (Central Processing Unit) agar data tidak hilang.
  • SDRAM atau singkatan dari “Sychronous Dynamic Random Access Memory” merupakan jenis RAM yang penerus dari DRAM dan lebih sinkron dengan clock sistem dan pastinya lebih cepat daripada DRAM.
  • SRAM singkatan dari “Static Random Access Memory” adalah jenis memori yang tidak direfresh oleh CPU. RAM jenis ini lebih cepat dibandingkan DRAM maupun SDRAM.
  • RDRAM adalah kependekan dari “Rambus Dynamic Access Memory”adalah RAM sejenis dizaman SDRAM namun lebih mahal dan biasa dipakai di prosessor Pentium 4.
  • EDORAM atau singkatan dari “Extended Data Out Random Access Memory”, RAM ini diperuntukan bagi pengguna komputer dan laptop ber-prosessor pentium.Jenis ini sedikit lebih baik karena mampu mengambil memori secara bersamaan,sehingga lebih cepat.
  • Nah kalau tadi seri-seri lawas daripada RAM,sekarang jenis paling mutakhir zaman sekarang yaitu DDR RAM atau singkatan dari “Double Rate Random Access Memory”. Biasa disebut DDR. Jenis memory ini adalah teknologi kelanjutannya lagi dari SDRAM. dan ini merupakan seri lama,sedangkan sekarang sudah ada DDR2 (Double Data Rate generation 2 RAM),DDR3 (Double Data Rate generation 3 RAM), DDR4 (Double Data Rate generation 4 RAM) dan bisa dipastikan akan terus diperbaharui.

Jadi oleh karena itu,kalian perlu memperhatikan dan sekirannya meng-Upgrade RAM pada komputer atau laptop kalian jika dirasa performa Laptop kalian sudah lamban.Nah dalam memilih jenis RAM yang tepat kalian perlu juga memperhatikan faktor kesesuaian RAM kalian dengan Motherboard.Jika kalian bisa menentukan sendiri,tentu sangat bagus,namun apabila kalian tidak paham,silahkan bawa saja ke toko komputer terdekat. atau silahkan membeli Laptop atau PC baru,saya punya artikel Rekomendasi Laptop Asus Terbaru dan Terbaik Tahun 2018.

Sekian artikel dari saya,jika ada pertanyaan silahkan berkomentar.Terima kasih kepada ALLAH SWT yang selalu memudahkan dan melindungi.Semoga bermnafaat Pengertian Lengkap Tentang RAM Beserta Fungsi dan Jenisnya Pada Komputer dan Laptop.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Lengkap Tentang RAM Beserta Fungsi dan Jenisnya Pada Komputer dan Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel