Cara Ampuh Memperbaiki Baterai Laptop atau Notebook Plugged In, Not Charging

Cara Ampuh Memperbaiki Baterai Laptop atau Notebook Plugged In, Not Charging   – Ada banyak masalah yang dapat terjadi di laptop kalian,salah satunya yang paling menyebalkan dan membuat cemas adalah masalah baterai yang bertuliskan (Plugged In Charging ) . Apabila laptop ataupun notebook kalian sudah menunjukan tulisan tersebut di bagian kanan bawah layar maka artinya baterai kalian hanya memberikan tenaga listrik ke laptop kalian, bukan men-charge baterai laptop kalian,jadi ketika kabel charger laptopnya dicabut,bisa-bisa laptop kalian langsung  mati.

Cara Ampuh Memperbaiki Baterai Laptop atau Notebook Plugged In, Not Charging

Dapat disimpulkan secara awal bahwasanya baterai kalian sudah mulai mengalami kerusakan atau mugnkin saja baterai kalian nge-drop (performa baterai menurun) karena penggunaan baterai yang sangat tidak disarankan seperti memakai laptop sampai benar-benar habis. Jadi kedepannya, dimohon perhatiannya apabila windows sudah memberitahu kalian bahwa baterai laptop tingga sedikit, cas lah sesegera

 mungkin dan biarkan selama 2-3 jam (tergantung laptop).

Nah artikel ini mencoba membantu kalian yang sudah “terlanjur” mendapatkan kata-kata Plugged In, Not Charging di indikator baterai laptop kalian. Jadi mari saya jelaskan.

Cara Ampuh Memperbaiki Baterai Laptop atau Notebook Plugged In, Not Charging

Cara-cara dibawah ini,adalah cara-cara yang saya dapatkan dari beberapa blog dan situs, dan semoga cara-cara dibawah ini dapat membantu kalian.

1. Memperbaiki Baterai Laptop atau Notebook Plugged In, Not Charging dengan meng-uninstall driver baterai.

Cara ini merupakan cara yang cukup ampuh sebagai cara yang pertama,yang perlu kalian lakukan yaitu meng-uninstall driver API baterai kalian secara manual dan kemudian membiarkan laptop kalian meng-install drivernya ulang secara otomatis.

Caranya yaitu :

  1. Matikan Laptop dan cabut baterai laptop kalian (jika tidak bisa dicabut,tidak apa-apa).
  2. Kemudian hidupkan laptop kalian,setelah hidup, buka Start dan cari Device Manager.
  3. Berikutnya kalian pilih tab menu Battery dan Uninstall semua driver yang ada disana,biasanya ada 2

    Cara Ampuh Memperbaiki Baterai Laptop atau Notebook Plugged In, Not Charging

  4. Setelah itu silahkan matikan laptop atau notebook kalian
  5. Lalu masukan kembali baterai kalian dan hidupkan.
  6. Setelah masuk ke windows,silahkan cek indikator baterai,apakah tulisan Plugged In, Not Charging masih ada atau tidak.
  7. Jika tidak ada,Alhamdulillah berarti kalian berhasil.

 note : pada step ke-5,kalian bisa membiarkannya tercas terlebih dahulu selama 1-3 jam.

2. Memperbaiki Baterai Laptop atau Notebook Plugged In, Not Charging dengan memasukan baterai ke dalam freezer kulkas.

Cara ini terbilang unik dan agak extreme,namun menuru ilmu pengetahuan,cara ini ada benarnya,karena dengan membekukan atau mendinginkan baterai,mampu mengembalikan ion-ion baterai tersebut.Tepatnya,cara ini bagi baterai laptop atau notebook kalian yang performanya sudah menurun atau drop. 

Caranya yaitu :

  1. Copot baterai dalam keadaan daya baterai habis
  2. Kemudian masukan baterai kedalam plastik dan ikat dengan rapat pastikan tidak ada celah
  3. Diamkan didalam refrigerator atau freezer kulkas selama 2 atau 3 hari.

3. Memperbaiki Baterai Laptop atau Notebook Plugged In, Not Charging dengan membeli baru baterai.

Ya,cara paling ampuh tanpa pikir ribet dan coba-coba yang aneh,kalian bisa membeli unit baterai baru untuk laptop dan notebook kalian, selain cepat mengatasi masalah ini tanpa perlu memperbaikinya,cara ini juga menghilangkan kemungkinan kalian bertemu dengan kalimat Plugged In, Not Charging  (paling tidak sampai usia baterai mulai habis).

Perlu diingat,cara pertama berlaku dan bisa dilakukan oleh semua versi windows baik itu windows 7,windows 8,dan windows 10. Dan semoga bagi kalian yang tengah membaca artikel ini dan mencoba memperbaiki masalah baterai Plugged in not charging ini dapat menyelesaikan masalah kalian.Terima kasih!

Cara Ampuh Memperbaiki Baterai Laptop atau Notebook Plugged In, Not Charging

Tinggalkan komentar