Pesawat pembawa internet gratis

Pesawat pembawa internet gratis  

Usaha Facebook lewat internet.org untuk mengaliri dunia dengan internet telah dimulai. Facebook dikabarkan tengah membangun sebuah pesawat yang fungsinya akan jadi pemancar WiFi.

Seperti yang dilansir The Telegraph (4/3), Facebook berencana membeli sebuah pesawat bertenaga matahari yang mampu terbang di udara lima tahun tanpa landing sama sekali. Pesawat ini nantinya akan dialiri internet sehingga daerah yang dilintasinya bisa mengakses internet gratis lewat sambungan WiFi.

Facebook disebutkan akan memesan 11 ribu pesawat seperti ini dari Titan Aerospace. Pesawat dengan model Solara 50 dan 60 itu kemudian akan disulap sedemikian rupa sehingga mampu aliri dunia dengan internet.

Program ini sendiri akan jadi pesaing dari proyek serupa Google bernama Loon. Beda dengan Facebook, Google menggunakan balon udara untuk mengaliri daerah terpencil dengan internet super cepat.

Hingga kini sendiri belum diketahui pernyataan resmi dari Facebook tentang hal ini. Pihak Titan Aerospace pun juga belum memberikan keterangannya.

sumber

Tinggalkan komentar